Ciri-Ciri Air Layak Minum

Apa ciri-cir air yang layak untuk diminum

Air teramat berharga bagi manusia, tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa adanya air. Setiap saat,, manusia itu perlu kurang lebih 5-8 gelas air. Dan tentu saja air yang diperlukan adalah air yang bersih, air yang dapat dan layak minum serta tentunya sehat
Kondisi lingkungan pada saat ini tentunya sudah membuat sumber dari air utamanya air bersih yang layak minum setiap hari semakin berkurang / hilang, apalagi setiap manusia di dunia ini dengan mudah mendapatkan air layak / bersih. Pencemaran kondisi lingkungan di sekitar kita, termasuk pencemaran yang terjadi pada air ada dimana-mana. Adanya pencemaran perairan ini, tentunya  amat penting untuk kita, mengetahui ciri-ciri khas dari air yang dapat diminum / layak minum, bukan hanya sekedar bersih tetapi juga bagus untuk kesehatan kita apabila kita minum. Karena bisa saja air yang tidak sehat masuk ke badan tanpa kita sadari.
Description: http://1.bp.blogspot.com/-QL5AbSvn4Qg/VDZFSyoE1-I/AAAAAAAAAJk/eBM15kIwt_8/s1600/air%2Bbersih.jpg


 Ciri-ciri air yang layak / bisa diminum, yaitu bila telah sesuai dengan standar air bersih, yang tentunya sesuai dengan syarat-syarat berikut:

Persyaratan  Fisik:
·  Warna: air layak minum itu bening tidak keruh atau tidak berwarna apapun.
·  Bau: air layak minum seharusnya tidak berbau, karena bau bisa ditimbulkan oleh adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan kemungkinan merupakan akibat tak langsung dari pencemaran lingkungan.
·  Rasa: rasa dari air layak minum itu tidak aneh diluar dari rasa tawar khas air, atau tidak berasa. Adanya rasa lain pada air, menandakan adanya kandungan lain dalam air, jika getir di lidah kemungkinan mengandung zat yang tidak baik bagi kesehatan.

·  Partikel Fisik: air layak minum tidak mengandung partikel fisik, baik itu melayang maupun mengendap

·  Suhu: suhu air yang layak minum adalah 10-25

Syarat-syarat Kimia:
·  Syarat Kimia ciri air yang layak minum ialah tidak mengandung bahan kimia yang mengandung racun, contohnya tidak mengandung Pb (timah), oleh karena itu tidak dianjurkan menggunakan pipa berbahan timah, air layak minum juga memiliki Ph 6,5-9,2, serta cukup yodium

Syarat-syarat Bakteriologis:

Syarat ini tentunya berhubungan dengan kandungan mikroorganisme atau jasa renik di dalam air minum:
·  Dalam 1cc air minum jumlah kuman harus kurang dari 100 kuman.
·  Tidak boleh mengandung bakteri E.Coli, bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan juga bakteri pathogen.

Setelah memperhatikan syarat air bersih (ciri air yang layak minum) ini, kita bisa dengan mudah mengenali apakah air yang akan masuk ke dalam tubuh kita aman bagi kesehatan kita atau tidak.

Menelaah ciri air yang layak minum, beragam teknologi pengolahan air juga tentu telah mampu menghasilkan air bersih yang layak untuk minum. Teknologi pengolahan air bersih ini sangat diperlukan, mengingat masalah air bersih yang sudah menjadi masalah di seluruh dunia, baik itu adanya pencemaran yang membuat air bersih menjadi berkurang, atau lebih sedikitnya air tawar yang ada di permukaan bumi ini. Salah satu teknologi pengolahan air bersih yang dapat menghasilkan air layak minum adalah Teknologi Membran Reverse Osmosis (Osmosis Terbalik), baik itu desalinasi (pengolahan air asin dan air payau menjadi air tawar), maupun untuk mengolah air tanah menjadi air layak minum yang bebas bakteri dan kuman. Semua ciri air layak minum dan syarat air bersih tentu bisa didapat dengan pengolahan air menggunakan Teknologi Membran Reverse Osmosis ini, karena hasil akhir Teknologi Membran Reverse Osmosis juga adalah air layak minum.

Silahkan anda baca artikel di blog ini untuk mengetahui tentang Teknologi Membran Reverse Osmosis (Osmosis Terbalik), atau kunjungi web "Enerba Teknologi


Dari Beberapa Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar